9 Juli 2011

Ribuan Siswa Terancam Tak Bisa Masuk SMP

[Image: di-IWRI.jpg]

diambil dari situs TEMPO Interaktif, Tangerang

- Ribuan siswa lulusan sekolah dasar (SD) di Kabupaten Tangerang hingga kini belum menerima surat keputusan hasil ujian nasional (SK HUN). Pasalnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang kehabisan blangko surat keputusan hasil ujian nasional yang didrop dari Kementerian Pendidikan Nasional. "Hingga kini belum juga tiba,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi, kepada Tempo, Jumat, 8 Juli 2011.Bambang mengatakan, setidaknya SD di 5 kecamatan yang masuk dalam Rayon 9 dan 10 di Kabupaten Tangerang hingga kini belum bisa mengeluarkan surat keputusan hasil ujian nasional. Di antaranya Kecamatan Teluk Naga, Sepatan, Pakuaji, Sepatan Timur, Kosambi, dan sejumlah sekolah di kecamatan lainnya seperti Kelapa Dua dan Pagedangan. ”Kami sudah menanyakan langsung ke Pemerintah Provinsi Banten. Tapi, dari Banten jawabannya pusat belum mengirim,” katanya.

Menurut Bambang, hal ini cukup menghalangi siswa yang tamat sekolah dasar yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Apalagi, kata dia, siswa SD kabupaten Tangerang yang akan melanjutkan ke wilayah lain di luar Kabupaten Tangerang. ”Sekolah lain di luar Kabupaten Tangerang pasti tidak akan menerima,” katanya.

Melihat kondisi ini, para orang tua terutama yang anaknya akan melanjutkan sekolah ke luar wilayah Kabupaten Tangerang mengeluh. Pasalnya, hal itu akan menghambat proses pendaftaran ulang, apalagi waktu efektif belajar siswa baru di SMP akan dilaksanakan Senin pekan depan.

Seperti dikatakan Dewi Gustiana, salah seorang orang tua lulusan SD Permata Hati di Kecamatan Kelapa Dua, “Bagaimana bisa kekurangan blangko kalau sudah jauh hari mengetahui jumlah lulusan tahun ini.” Dia berharap pihak berwenang mengambil langkah cepat agar siswa tidak dirugikan. “Anak saya diterima di Sukabumi, Jawa Barat, dan sekolah di sana minta persyaratan ini. Ini kan bikin repot,” kata ibu dua anak itu.
sertai dengan gambar atau foto ilustrasi (bila perlu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentarnya tentang artikel yang kami phosting dalam blog yang kami kelolah, baik itu kritikan, usulan, dan juga saran-saran yang tentunya membangun. mari kita budayakan diskusi menggali pengetahuan-pengetahuan baru.."belajar-berorganisasi-dan-bejuang"

Baca Juga Artikel Lainnya