2 Mei 2016

Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) 2 May 2016 Hardiknas

2 Mey dikenal sebagai hari pendidikan nasional merupakan sejara panjang perlawanan dalam dunia pendidikan atas pendidikan yang berorientasi pada kepentingan politik penjajah, pendidikan yang memperpanjang sejarah perbudakan. sejarah pendidikan nasional diambil dari sejarah dimana Kihajar Dewantara mendirikan pendidikan alternatif dari pendidikan kerajaan belanda di hindia belanda yang mendiskriminasi kaum pribumi, dan ber orientasi pada kepentingan penjajahan negara belanda.


sejarah itu yang kini terus diperingati tiap tahunnya oleh berbagai macam pihak, sampai elemen-elemen mahasiswa. banyak yang kemudian memperingati hari pendidikan nasional ini dengan upacara-upacara, dan berbagai bentuk aksi demonstrasi mahasiswa menolak praktek liberalisasi dunia pendidikan, menolak pembungkaman demokrasi dalam kampus seperti yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) pada hari senin, 2/3/2016.

aksi yang dilakukan AMI long march dari depan kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) menuju persimpangan tiga (ujung pettarani). aliansi AMI ini terdiri dari beberapa element/organisasi gerakan mahasiswa seperti; FMD-SGMK, FMK Makassar, SMI, FPPI, SRIKANDI, PMII rayon UMI, dan GMPA. selain organisasi mahasiswa, organisasi rakyat seperti FORWA (forum warga berua makassar) ikut serta dalam memperingati hari pendidikan nasional. dalam aksi tersebut beberapa tuntutan yang disampaikan oleh massa aksi yaitu: cabut UU PT, tolak militer masuk kampus, wujudkan pendidikan yang gratis, demokratis, ilmia, dan bervisi kerakyatan, serta wujudkan reforma agraria sejati bagi rakyat indonesia.

massa aksi membubarkan diri sekitar pukul 13:00 wita sembari membuat simpul dalam bentuk lingkaran dan membacakan pernyataan sikap aliansi mahasiswa indonesia.

foto: 


orasi politik dari FMD-SGMK hardiknas
aksi hari pendidikan nasional 2 mei 2016 makassar

pembacaan pernyataan sikap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentarnya tentang artikel yang kami phosting dalam blog yang kami kelolah, baik itu kritikan, usulan, dan juga saran-saran yang tentunya membangun. mari kita budayakan diskusi menggali pengetahuan-pengetahuan baru.."belajar-berorganisasi-dan-bejuang"

Baca Juga Artikel Lainnya